ARTIKEL

Pentingnya Gaya Hidup Aktif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

 

Dewasa ini, semboyan tersebut tidak lagi hanya semata jargon, namun telah menjadi semangat masyarakat modern, terutama mereka yang ada dalam usia produktif. Pembicaraan mengenai kesehatan kini tidak lagi hanya berkutat seputar menjaga kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Kesehatan mental kini menjadi aspek kesehatan yang dianggap sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

 

Faktanya, kedua aspek kesehatan ini saling melengkapi dan membutuhkan satu sama lain agar masing-masing mencapai fungsinya yang optimal. Berdasarkan hasil riset sebuah penelitian tentang korelasi antara aktivitas fisik dan kesehatan mental di Inggris, orang dewasa dengan gaya hidup aktif memiliki tingkat kesehatan keseluruhan yang lebih tinggi dibandingkan mereka dengan gaya hidup kurang aktif, dengan skor rata-rata 6,92/10.

 

Hasil riset tersebut juga menyebutkan bahwa olahraga secara rutin bukan hanya memiliki dampak fisiologis, seperti contohnya lebih fokus dalam bekerja atau tidur lebih nyenyak di malam hari. Di samping itu, olahraga secara rutin juga memiliki dampak psikologis, seperti membantu memupuk pola pikir yang lebih positif, kesabaran, serta kemampuan berkonsentrasi yang lebih baik.

 

Lantas, gaya hidup aktif seperti apa yang dianjurkan? Banyak orang mungkin beranggapan bahwa perlu melakukan olahraga keras demi memenuhi syarat menjalani gaya hidup aktif. Namun faktanya kegiatan sehari-hari seperti jalan cepat, bersepeda, atau berkebun sudah termasuk gaya hidup aktif. Hasil riset dari Insitut Kesehatan Nasional di Maryland, Amerika Serikat juga mengatakan bahwa hal-hal sesederhana rajin menggunakan tangga ketimbang lift di kantor atau aktif naik transportasi umum ke kantor yang dilakukan setiap hari bisa jadi lebih efektif ketimbang olahraga keras.

 

Dengan beragam aktivitas fisik serta profesional, tentunya banyak cairan tubuh yang terbuang. Di sini kamu akan perlu mengisi ulang cairan tubuhmu dengan sesuatu yang bukan hanya berefek menyegarkan, tapi juga mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. ION Water jawabannya! Kalorinya yang rendah dijamin membuatmu tetap semangat beraktivitas selagi aktif sepanjang hari.

 

Untuk melengkapi kesehatan fisikmu, saatnya beralih ke yang berkalori rendah dan berkata, ‘I Am Low Calorie!’

 

Sumber:

  1. “Eudaimonia: How do humans flourish?”. YMCA UK. https://www.ymca.co.uk/health-and-wellbeing/feature/our-eudaimonia-research-report-how-do-humans-flourish (accessed on March 6, 2020)

 

  1. Kangansniemi, Anu Maarit, et al. “Towards a physically more active lifestyle based on one’s own values: the results of a randomized controlled trial among physically inactive adults”. National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4371624/(accessed on March 6, 2020)

 

  1. “Senior Exercise and Fitness Tips”. Helpguide.org. https://www.helpguide.org/articles/healthy-living/exercise-and-fitness-as-you-age.htm(accessed on March 6, 2020)