ARTIKEL

Kadar Hidrasi Cukup Untuk Kinerja Tubuh Yang Optimal

Ayo, berapa banyak dari kamu yang baru minum ketika haus? Atau bahkan kamu hanya minum ketika haus?

 

Minum ketika haus tentunya bukan hal yang salah, namun tentunya tidak tepat untuk menjadikan rasa haus sebagai satu-satunya barometer untuk minum. Faktanya, ketika kamu mulai merasa haus, itu artinya tubuhmu sudah kehilangan setidaknya 2 persen cairan tubuh. Padahal, lebih dari setengah komposisi tubuh manusia terdiri dari air.

 

Menurut Badan Pangan dan Nutrisi dari Institut Kedokteran Amerika Serikat, asupan cairan optimal bagi orang dewasa dengan aktivitas kerja kantoran adalah 2,7 sampai 3,7 liter setiap harinya, dikarenakan cairan tubuh cepat hilang melalui ekskresi alami tubuh (buang air atau berkeringat). Apalagi ditambah dengan berbagai kegiatan lain di luar mengantor, seperti olahraga, berkendara, bepergian menemui klien, dan lain sebagainya.

 

Ketika kekurangan cairan, tubuhmu dengan sendirinya akan bereaksi dan memberikan tanda-tanda alaminya. Seperti apa saja?

 

– Kehilangan 1-2 persen cairan tubuh: Haus, perasaan tidak nyaman.

– Kehilangan 3-5 persen cairan tubuh: Mulut kering, volume urin berkurang, sulit berkonsentrasi, gemetar, kurang sabar, mual, mengantuk, emosi tidak stabil.

– Kehilangan 6-8 persen cairan tubuh: Suhu tubuh meningkat, denyut jantung dan pernafasan meningkat, pusing, sesak nafas, tidak lancar berbicara, otot melemah, bibir membiru.

– Kehilangan 9-11 persen cairan tubuh: Kejang, halusinasi, keseimbangan dan sirkulasi lemah, menurunnya volume dan tekanan darah hingga penurunan fungsi ginjal.

 

Bisa fatal bukan akibatnya? Dari sini, bisa kita disimpulkan bahwa dehidrasi sudah muncul bahkan ketika kamu baru merasa haus. Maka dari itu, jangan sepelekan pentingnya cukup mengonsumsi cairan setiap hari, terlebih apabila kamu memiliki aktivitas yang padat!

 

Para ahli pun mengatakan bahwa hidrasi yang cukup adalah kunci untuk menjaga agar kinerja tubuhmu optimal. Dengan menjaga keseimbangan cairan tubuh, niscayakamu terhindar dari berbagai macam infeksi dan penyakit kronis, seperti gangguan ginjal. Di samping itu, tentunya kesehatan tubuhmu terus terlindungi!

 

Maka dari itu, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu sekarang juga. Selain perbanyak mengonsumsi air, perbanyak juga konsumsi cairan ion agar proses pemenuhan kadar hidrasi dalam tubuhmu lebih cepat setelah sibuk beraktivitas.

 

Dengan kandungan kalorinya yang rendah, ION Water adalah pilihan minuman ion yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian hidrasi tubuhmu. Sekarang saatnya mengatakan, “I Am Low Calorie”!

 

Sumber:

  1. Murray, Bob. “Hydration and Physical Performance”. Journal of the American College of Nutrition. https://www.researchgate.net/publication/5924525_Hydration_and_Physical_Performance (accessed on March 2, 2020)

 

  1. Stover, Beth M.S., CSCS; Murray, Bob Ph.D. “Drink Up!: The Science of Hydration”. ACSM’s Health & Fitness Journal. https://journals.lww.com/acsm-healthfitness/FullText/2007/03000/Drink_Up___The_Science_of_Hydration.6.aspx (accessed on March 2, 2020)

 

  1. “Kenali 7 Ciri Tubuh Kamu Mulai Dehidrasi, Segera Minum Jangan Tunda!”. IDNTimes.com. https://www.idntimes.com/health/medical/reza-mahendra-2/ciri-tubuh-mulai-dehidrasi/full (accessed on March 2, 2020)