ARTIKEL

5 Cara Tetap Aktif Selama Berpuasa Di Rumah

Berpuasa selama masa social distancing memang mengharuskan kita untuk menghabiskan sebagian besar waktu #DiRumahAja. Tapi bukan berarti kita tidak bisa tetap aktif!

 

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan agar tubuh kita tetap aktif dan sehat selama masa social distancing ini. Seperti apa saja? Yuk simak 5 tips berikut ini:

 

  1. Atur jadwal harianmu

Berada di rumah bisa mengaburkan batas antara bekerja dan bersantai. Dengan menentukan jadwal rutinitas harianmu dan mengikutinya dengan rajin, kamu tetap punya waktu untuk rehat dari pekerjaan kantor, berolahraga ringan dan melakukan berbagai pekerjaan rumah lain.

 

  1. Jangan malas bergerak!

Apa pun yang membuat tubuhmu tetap aktif dan bergerak di dalam rumah, lakukan saja! Mulai dari mengambil kudapan di kulkas, bermain dengan hewan peliharaan sampai membersihkan halaman rumah, pastikan tubuhmu bergerak sesering mungkin. Agar lebih optimal, luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga atau senam selama setidaknya 15-20 menit per hari.

 

  1. Keluar rumah namun tetap jaga jarak

Apabila memungkinkan, kamu bisa melakukan olahraga ringan di luar rumah – sambil terus menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar kamu tentunya! Olahraga seperti jogging atau jalan cepat setelah sahur terbukti efektif untuk membuatmu merasa lebih bugar dan meningkatkan konsentrasimu selama bekerja di rumah. Jangan lupa sebelumnya minum ION Water agar hidrasi tubuhmu terjaga baik seharian!

 

  1. Jaga hidrasi tubuh

Di bulan Ramadan, waktu untuk mengonsumsi cairan jadi lebih sedikit. Triknya, kamu harus konsumsi cairan dalam jumlah yang cukup antara waktu berbuka sampai imsak setelah sahur. Tentunya biar kamu nggak sampai dehidrasi selama beraktivitas seharian! Makanya rajin minum ION Water pas sahur dan berbuka ya, biar kadar hidrasi tubuhmu selalu terjaga!

 

  1. Konsumsi yang sehat

Pastikan bahwa kulkas dan lemari penyimpananmu selalu terisi dengan berbagai asupan dan bahan asupan yang sehat sekaligus bergizi. Prioritaskan asupan yang rendah kalori agar tubuhmu tidak bekerja terlalu keras selama beraktivitas di dalam rumah. Seperti ION Water! Biar di bulan puasa ini kamu pun bisa ikutan bilang #IAmLowCalorie!

 

Sumber:

  1. Forbes.com. “10 Ways To Stay Active While Working From Home”. https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2019/05/28/10-ways-to-stay-active-while-working-from-home/#318f0c015865
  2. Reese, Kevin. “How to stay active while working from home”. https://scrubbing.in/how-to-stay-active-while-working-from-home/
  3. Austin, Patrick Lucas. “5 Tips for Staying Productive and Mentally Healthy While You’re Working From Home”. https://time.com/5801725/work-from-home-remote-tips/